Internet merupakan salah satu fenomena paling berpengaruh dalam beberapa dekade terakhir ini , baik bagi  perkembangan teknologi itu sendir maupun bagi perkembangan displis ilmu lain, seperti ekonomi ,politik , sosial dan budaay. Perkembangan internet juga berpengaruh langsung terhadap perkembangan  website. Di awal kemunculannya , internet maupun situs web sudah demikian populer dan layanannya pun beragam , mulai dari situs berita seperti  Detik ,Kompas dan Okezone, situs penyedia email seperti  yahoo. Hotmail dan Gmail sampai situs pertemanan (social networking )yang saat ini begitu pupoler seperti  twiter google dan facebook.

Macam-Macam Bahasa Pemograman Web yang sering digunakan
Dalam kaitannya dengan situs web dan layanan  didalamnya tidak lepas dari teknologi di baliknya , yaitu pemograman web, desan web dan databases. Salah satunya banyak bahasa yang sering digunakan  untuk membangun suatu situ website atapun blog.







Berikut kami informasikan mengenai dalam hal bahasa pemograman yang sering  digunkan untuk membangun sebuat website.

HTML kepanjangan dari (Hyper Text Markup Langguage) merupakan bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML menghasilkan tampilan yang terintegrasi karena berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. CSS ini bukan merupakan bahasa pemograman , melainkan fungsi dari css sendiri adalah memformat halaman web yang dibuat dengan html menjadi lebih bagus.


JavaScript adalah bahasa skrip yang dapat bekerja di sebagian besar browser. JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich. Walaupun namanya JavaScript namun bahasa pemrograman ini tidak ada hubungannya dengan bahasa pemrograman java. JavaScript dapat digunakan untuk membuat efek rollover baik gambar maupun teks dan yang paling utama adalah untuk membuat AJAX.


MySQL  atau sebut juga dari kepanjanag ( My Strukture Query  Language) merupakan pernagkat lunak untuk membuat databasase server yang bersifany open soure dan berlaku di semua platform baik linux maupun windows. Kepopuleraannya programan pengakses dabases ini ,seiring dengan datangnya penggunaan script PHP untuk web progrmaning pada server side.


PHP adalah bahasa yang pupoler untuk pemrograman web. Selain free , bahasa ini juga mempunyai kelebihan bisa dinstall pada sebagai besar sistem operasi baik itu wondows , linuk atau mac OS. PHP (akronim dari PHP Hypertext Preprocessor) yang merupakan bahasa pemograman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses data dinamis. PHP dikatakan sebagai sebuah sever-side embedded script langguage artinya dari sintak-sintaknya dan perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa. Aplikasi-apalikasi yang dibangun  oleh php pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser , tetapi prosesnya secara keseluruhan akan dijalankan diserver.


ASP adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.ASP diproses melallui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan dikirimkan melalui browser. ASP diciptakan oleh Microsoft untuk membuat pemrograman web yang dinamis, sehingga isi dari sebuah website dapat diprogram untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Bahasa pemrograman ASP merupakan Object Oriented Programming dan memiliki struktur bahasa yang sama dengan bahasa Visual Basic yang mudah dimengerti karena sintaksnya menggunakan bahasa Inggri


Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.


Python adalah one-stop shop. Ada banyak sekali Python framework yang bisa digunakan apa pun, dari web apps hingga data analysis. Bahkan, WordStream ditulis dengan Python! Python sering digembar-gemborkan sebagai bahasa pemrograman yang paling mudah unutk dipelajari karena memiliki syntax yang sederhana. Popularitas Python meningkat karena investasi dari Google selama dekade terakhir. Pada kenyataanya, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan Python menjadi bahasa pemrograman yang paling sering diajarkan di sekolah-sekolah khususnya di US. Aplikasi lain yang dibangun dengan Python adalah Pinterest dan Instagram.

Sekian dari  kami mengenai artikel yang berjudul Macam-Macam Bahasa Pemograman Web yang sering dingunakan. Semuga dapat bermanfaat bagi Anda pembaca


Daftar Sumber Refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_web
http://blogging.co.id/bahasa-pemrograman-komputer
http://devit1104.blogspot.com/2009/02/pengenalan-bahasa-pemograman-berbasis.html
http://id.wikibooks.org/wiki/Pemrograman_HTML
http://id.wikipedia.org/wiki/PHP
http://id.wikipedia.org/wiki/JavaScript
https://id.wikipedia.org/wiki/Cascading_Style_Sheets
http://id.wikipedia.org/wiki/Active_Server_Pages
http://id.wikipedia.org/wiki/XML
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_web
http://id.wikipedia.org/wiki/Perl