CMS, atau kalau kita kenal dari kepanjangan (Content Management System ) adalah suatu aplikasi platform web yang fungsi untuk memudahkan dalam pengeloaan pada suatu website. Dengan adanya cms ,seorang yang memiliki sebuah website atapun blog bisa mengelolah dengan mudah seperti upload , edit menambahkan, ataupun memanipulasi isi dari suatu situs web tersebut. Dalam hal ini akan sangat memudakan kita tanpa harus dibekali pengetahuan yang mendalam mengenai dalam hal keahlian sebagai seorang webmaster yang bersifat teknis dan juga sudah memiliki kemanpuan dalam bahasa pemrograman web.

Sehingga dengan adanya CMS atau (Content Management System ) ini, dapat dikatakan juga seorang yang baru mengenal dalam dunia website seperti saya ini :hehe pun dapat membuat sebuah website dalam hitungan menit langsung jadi tak harus memiliki pengetahuan pemrograman web yang sudah katakan handal. Pengguna tinggal mengelola isi konten website tersebut tanpa harus campur urusan dengan coding program tersebut.

CMS kebanyakan dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan untuk databasenya sendiri menggunakan bahasa pemograman MySQL. Karena perkembangannya begitu banyak aplikasi CMS yang dapat digunakan secara open source atau gratis , dalam hal ini dikarenakan kebutuhan user semakin menunjang dalam proses bisnisnya seperti misalnya membutuhkan pembuatan website secara cepat dan hemat biaya yang relatif murah dalam pembuatanya.


Kegunaan CMS ada beberapa jenis untuk website diantara sebagai berikut..

  • Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  • Portal
  • Galeri foto
  • Aplikasi E-Commerce / Toko Online
  • Mengelola website pribadi / blog.
  • Dan lain-lain

CMS ini banyak dikembangkan oleh beberapa pihak, apalagi lagi seperti saat ini yang kita ketahui dalam perkembangan dunia internet dan internet begitu sangat pesat.  Jumlah alamat website yang ada terus  mengalami peningkatan dalam setiap harinya. Hal ini juga mengaru pada suatu apalikasi web CMS  yang memiliki kemajuan sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secara berkala. yaitu semakin banyaknya  variasi website yang menarik, baik dari segi tampilan maupun hal yang berhubungan dengan keamanan website, membuat banyaknya developer-developer memilih mengembangkan aplikasi CMS ini dari pada membuat sebuah aplikasi web yang baru.


Berikut ini ada beberapa contoh macam-macam cms yang sudah sering digunakan yang suda saya baca dari beberapa sumber internet:
Cms Opencart


Open Cart adalah cms yang khusus digunakan untuk membangun toko online ataupun dalam bahasa gaulnya adalah untuk membangun situs ecommerce , Open Cart  yang sudah cukup bagus digunakan ,karena kelebihan CMS ini sendiri memiliki tampilan desain yang simple dan elegant, fitur-fiturnya pun mudah di pahami dan tidak terlalu membutuhkan space yang begitu besar. tapi meskipun memiliki banyak  kelebihan CMS ini juga memiliki kekurangan-kekurangan yang ada, namun kalau saya sendiri yang saya sudah baca dibeberapa sumber internet semua CMS memang sudah dikatakan bebarapa sumber internet mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing sebagai besar.



Cms Wordpress


WordPress salah satunya merupakan CMS yang sudah tak asing lagi kita dengar , karena sifatnya opersource membuat CMS ini paling banyak digemari di dunia, biasanya digunakan untuk mesin blog(blog engine). wordpress ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan database mysql. WordPress termasuk cms juga CMS yang sudah dikatakan user frienly ketimbang dengan joolam dan drupal.


Cms Joomla


Joomla adalah sebuah Content Management System (CMS) yang cukup populer dikalangan didunia website cms ini dibangun dengan mengunakan bahasa pemograman  (PHP Hypertext Processor). Dengan Cms Joomla Anda tidak perlu membuat kode program yang begitu rumit untuk keperluan membuat suatu aplikasi web yang interaktif, dengan Joomla anda cukup hanya perlu memahami dengan detail fitur-fitur yang sudah di sediakan oleh cms joomla sendiri dan Anda tinggal mengaturnya sesuai kebutuhan atau keinginan Anda.


Cms Magento


Magento juga salah satu CMS baik digunakan untuk membuat website ecommerce selain juga cms ini bersifat sudah Open Source eCommerceEvolved. Dengan menggunakan CMS Magento in, Anda sudah bisa membuka toko online dan membuka penjualan transaksi online melalui Paypal atau kartu kredit. Magento merupakan pemenang Best Commerce di SourceForge 2008. Walaupun proses instalasinya terhitung masih cukup sulit, tapi fitur, user interface, dan lain-lain bisa diandalkan dan lumayan keren.

CMS Moodle adalah cms yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap keren.mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya dan juga cms ini bersifat (open source)



Cms Magento


Prestashop merupakan salah satu cms yang sudah banyak digemari oleh para pebisnis ecommerce, Dan dalam hal ini dibuktikan banyak para pebisnis indonesia menggunakan cms Prestashop ini untuk membuat websitu toko onlne. Selain itu juga cms prestashop ini open source bebas digunakan oleh siapa saja.

Demikilan itu sudah artikel yang berjudul Mengenal CMS( Content Management System ) Yang Sering Digunakan ,sekiranya masih banyak cms-cms yang ada dunia internit , karena suata lahasan saya tidak bisa menyebutkan satu persatu. Semuga bisa dapat bermanfat.