tutorial dasar seo


Tutorial Dasar SEO Lengkap Untuk Pemula

Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang cara meningkatkan pengunjung blog/website dengan menggunkan teknik SEO (Search Engine Optimization), karena banyak blog yang sudah membahas tentang hal ini. Tapi Anda mungkin tidak menyadari bagaimana strategi SEO yang baik dan benar untuk meningkatkan pengunjung blog/website Anda. Baiklah,berangkat dari pengalaman saya kali akan berbagi dengan Anda tentang tutorial dasar SEO yang mungkin bisa berguna untuk Anda untuk meningkatkan blog atau website agar mendapatkan rangking baik di mesin pencari google yahoo bing dsb.

Tutorial Dasar SEO Lengkap

Ada dua hal istilah mengenai SEO sendiri yaitu teknik seo on page dan teknik off page kedua teknik tersebut sangatlah penting untuk kita kenali terlebih dahula agar nantinya kita tidak bingung bagaimana tahap mulai untuk belajar menerapkannya.

Onpage SEO


Untuk teknik seo onpage disini saya akan jelasankan terlebih dahulu Onpage SEO pada dasarnya adalah yang berkaitan dengan optimisasi website. Optimisasi itu meliputi berbagai bagian website diantarannya sebagai berikut :


Tags dan Meta Tags: meta tags adalah suatu tulisan yang berisi informasi yang dapat dibaca dan di simpan oleh mesin pencari dan kemudian ditentukan sebagai salah satu parameter untuk mencocokkan query hasil pencarian. Meta tags dasar antara lain: title tags dan meta description.

<!doctype Html>
     <html>
       <head>
            <title>Ini Judul Website Saya</title>
<meta name="description" content="Ini Adalah Deskripsi Website Saya Yang Bisa DiBaca Oleh Mesin Pencari Dan Ditampilkan di Hasil Pencarian" />
        <head>
            <body>
            </body>
     </html>

Title tags dapat dibuat dengan maksimum 70 karakter (termasuk spasi) dan meta description dapat dibuat dengan maksimum 160 karakter (termasuk spasi). Contoh title tags dan meta description dapat dilihat melalui gambar di bawah.

Meta Robot : adalah jenis meta tag html yang berfungsi untuk memberikan kontrol terhadap Googlebot atau Spider dalam mengindex masing-masing halaman website. Meta tag robots ditulis di dalam tag <head>,seperti berikut:

<!doctype html>
<html lang="id">
<head>
<meta charset="utf-8">
<title>Juragantutorial</title>
<meta name="description" content="Tutorial Meta Robots">
<meta name="author" content="Juragantutorial">
<meta name="robots" content="index,follow">
</head>
<body>
</body>
</html>




Tutorial Dasar SEO Lengkap
Struktur Website & Navigasi: Struktur navigasi website yang tertata rapi bukan cuman bermanfaat untuk SEO melainkan juga untuk pengalaman pengguna. Sebagai contoh Anda mempunya website toko online (ecommerce ), maka contoh struktur website yang bagus adalah sesuai dengan alur pengkatogorian produk Anda. Semisal, untuk website terdapat:



Tutorial Dasar SEO Lengkap




Desain Web Responsive : Google menyatakan untuk pengelola situs men-Design Websitenya ke Responsive, google juga menyatakan kalau hal ini sangat membantu untuk SEO bahkan membantu bagi pengguna berplatform smartphone, hal ini sudah jelas sekali bagi para pengguna website untuk bisa user dengan smartphone jalan satu-satunya harus mendesign ulang websitenya guna memenuhi permintaan di segala platform terutama yang berplatform smartphone, hal ini bisa kita lihat langsung di webmaster tool google, ada beberapa versi yang ditawarkan oleh google untuk mengirim submite url ke index google.


Offpage SEO

Untuk tahap selanjutnya yang dimaksud Optimisasi SEO Off Page adalah kebalikan dari Optimisasi SEO On Page, yaitu optimisasi yang dilakukan dari luar situs web anda. Yang perlu anda lakukan yaitu fokus membangun backlink. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah ke situs web anda), mulai dari blog walking, link exchanges, media sosial dan link building. inilah yang salah satu dimaksud unsur-unsur seo offpage.

Dalam tahap dasar untuk memulai strategi SEO Offpage sangat mudah namun tentunya juga ada tips dan trik yang bagus untuk membangun seo offpage ini, berikut ini saya uraikan dengan kemampuan saya mengenai seo off.

Social Madia

Seperti kita ketahui situs social media merupakan tempatnya berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia internet dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media itu google juga menganggap bahwa visitor yang kita dapatkan benar-benar pengunjung yang tertarik dengan website kita bukan robot yang sering menyusup ke website dan dalam seo off juga sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google, termasuk dalam algoritma SEO.

Web Forum

Yang salah satu penting juga kita bisa lakukan dengan promosi website kita supaya dikenal oleh banyak orang dengan memfaatkan situs-situs forum diinternet. Forum juga tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah kita post komentar pada thread yang disediakan oleh forum tersebut dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih, ini cara yang baik untuk strategi seo offpage, jadi manfaatkan dengan baik.

Itulah kesimpulan saya mengeani tutorial dasar seo lengkap untuk anda yang ingin membangun website, dengan strategi yang meliputi dasar Onpage, Offpage SEO, semuga dapat bermanfaat dan tetaplah menggunkan cara yang baik dalam seo agar kita aman dari kata spam dan pinalti google.